PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SMP ISLAM YTM 1 BOGOR

Muhammad Fadillah Febriansyah
61404021000275
2024
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SMP ISLAM YTM 1 BOGOR
Depok-GICI Business School-2024
Laporan Tugas Akhir (D III)

Pendidikan dianggap sebagai salah satu bagian didalam pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul, berkarakter, berkualitas serta berdaya saing sebagai langkah untuk memajukan peradaban sebuah bangsa. Semangat tersebut kemudian diterjemahkan oleh para pegiat pendidikan untuk mendirikan lembaga pendidikan dalam rangka membantu pemerintah untuk pemerataan akses pendidikan yang mudah, murah, dan berkualitas. Banyaknya jumlah lembaga pendidikan di masyarakat ini kemudian memberikan berbagai alternatif pilihan bagi siswa untuk menentukan lembaga pendidikan mana yang sesuai dengan minat, bakat, dan cita-cita dimasa depan. Didalam proses seleksi berbagai alternatif tersebut, terdapat banyak faktor yang menjadi dasar pemilihan lembaga pendidikan nantinya. Terutama bagi tingkat pendidikan SMP yang keputusan memilihnya masih dipengaruhi oleh keputusan orang tua, oleh karena itu perlunya menciptakan citra merek yang baik di sebuah sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Memilih SMP ISLAM YTM 1 Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei serta teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 75 responden. Hasil Adjusted R Square menunjukkan bahwa 54,5% faktor-faktor keputusan memilih dapat dijelaskan oleh citra merek sedangkan sisanya 45,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih SMP ISLAM YTM 1 Bogor dengan nilai hasil analisis thitung (9,467) dimana ttabel (1,666) maka secara parsial variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih SMP ISLAM YTM 1 Bogor.

Kata kunci: Citra Merek, Keputusan Memilih

D3 Manajemen Pemasaran
9