PENGARUH KUALITAS PRODUK HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI DI CAFE CO-LABOREAT BOGOR

Febby Herdiana
2411807091
2022
PENGARUH KUALITAS PRODUK HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI DI CAFE CO-LABOREAT BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pemasaran adalah sebuah strategi bisnis yang mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan suatu produk dan memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen dan untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang. Dikaitkan dengan penelitian yang dilakukan dengan judul Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi di Cafe Co-Laboreat Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi di Cafe Co-Laboreat Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling / Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 34,40% faktor-faktor keputusan pembelian minuman kopi di Cafe Co-Laboreat Bogor dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi sedangkan sisanya 65,60% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kopi di Cafe Co-Laboreat Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (18,286) > Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk hasil analisis thitung (4,695), dan harga (2,342) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel promosi menunjukkan hasil thitung (1,631) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kopi di Cafe Co-Laboreat Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian minuman kopi di Cafe Co-Laboreat adalah kualitas produk.

Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
983