PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH ULIL AMRI
Komunikasi yang terjadi di sekolah terutama antar kepala sekolah dengan guru, ataupun antar guru dan guru lainya, jika dilakukan secara baik dan intensif, maka akan mempengaruhi sikap guru dalam menjalankan tugas sehari-harinya yang bertujuan pada peningkatan disekolah. selain itu komunikasi antara guru dan pendidik lainya kurang berjalan dengan baik, begitu pula dengan motivasi kerja guru yang rendah terutama dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dalam hubungan proses belajar mengajar di sekolah guru harus selalu berusaha meningkatkan motivasi agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dapat berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Ulil Amri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dimana seluruh populasi yang ada di tempat berjumlah 30 orang dan tidak menggunakan sempel dengan model analisis regresi linear berganda. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi dan motivasi di Madrasah Ibtidaiyah Ulil Amri. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini pengumpulan data melalui Teknik angket. Uji validast menggunakan Pearson Product Moment Dan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 25. Hasil Uji regresi menunjukan bahwa 64,2% faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Ulil Amri dapat dijelaskan oleh komunikasi dan motivasi sedangkan 35,8% sisannya dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan komunikasi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Ulil Amri dengan hasil analisis nilai Fhitung = 27,043 > dari Ftabel = 3,35. Hasil uji t menunjukan bahwa secara perisial variabel komunikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru thitung (1,670) > ttabel (2,052) serta nilai signifikasinya di atas 0,05. Sedangkan pada variabel motivasi hasil uji t menunjukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru thitung (4,649) > ttabel (2,052) serta nilai signifikasinya di bawah 0,05
Kata kunci: komunikasi, motivasi, kinerja guru
- cover_kharisma_2411807162.pdf
- BAB I_kharisma_2411087162.pdf
- BAB II_kharisma_2411087162.pdf
- BAB III_kharisma_2411087162.pdf
- BAB IV_kharisma_2411087162.pdf
- BAB V_kharisma_2411087162.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_kharisma_2411807162.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.