ANALISIS STRATEGI BISNIS VIONA BAKERY DALAM UPAYA MELESTARIKAN KUE TRADISIONAL

Viona Vitunia Puspa
2411807225
2022
ANALISIS STRATEGI BISNIS VIONA BAKERY DALAM UPAYA MELESTARIKAN KUE TRADISIONAL
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Viona Bakery merupakan salah satu bentuk badan usaha yang terletak di wilayah Kota Bogor Utara, tepatnya di perumahan Vila Bogor Indah. Viona Bakery merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang kuliner, yang menyediakan aneka ragam kue, khususnya beragam kue tradisional Indonesia. Usaha Viona Bakery sendiri dirintis pada tahun 2017 dan masih terus beroperasi serta berkembang hingga saat ini. Bidang kuliner yang sangat umum serta dapat dikatakan sebagai suatu bidang pokok, mengharuskan Viona Bakery untuk mampu beradaptasi dan mempertahankan eksistensinya dengan berbagai dinamika permasalahan maupun perubahan kondisi lingkungan usahanya. Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengetahui serta mendeskripsikan kondisi lingkungan internal maupun eksternal pada Viona Bakery untuk kemudian disusun alternatif strategi pengembangan yang dapat diimplementasikan dalam Viona Bakery. Analisis lingkungan internal dan eksternal Viona Bakery dilakukan dengan penggunaan matriks IFE, EFE, SWOT serta penyusunan alternatif strateginya menggunakan analisis matriks QSPM. Berdasarkan atas hasil analisis, diketahui bahwa terdapat 10 faktor internal dan 9 faktor eksternal yang dapat dijadikan salah satu bahan tolak ukur untuk menilai kondisi usaha Viona Bakery. Hasil analisis dan olah data menunjukkan total skor bobot matriks IFE sebesar 3,054 dan total skor bobot matriks EFE sebesar 3,689. Rancangan alternatif strategi kemudian dibuat dengan menggunakan matriks SWOT dan kembali dihitung skor daya tarik terhadap masing-masing faktor, baik internal maupun eksternal guna memperleh prioritas tertinggi alternatif strategi yang dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan matriks QSPM. Adapun hasil strategi dengan nilai prioritas tertinggi adalah Memperluas lingkup pemasaran dengan pemanfaatan teknologi.

Kata kunci: Kuliner, Kue Tradisional, Perumusan Strategi, Matrik Evaluasi Faktor, Matriks SWOT, Matriks QSP, Prioritas Strategi

S1 Manajemen
133