Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komunikasi Organiasasi Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan SMP Tarbiyatul Huda

Acep Ridwan
2411807130
2022
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komunikasi Organiasasi Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan SMP Tarbiyatul Huda
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ACEP RIDWAN. NIM 2411807130. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Tarbiyatul Huda. Permasalahan pendidikan disekolah menunjukkan potensi yang dimiliki pendidik dan tenaga kependidikan untuk berkreasi sebagai upaya untuk meningkatkan kinerjanya tidak selalu berkembang secara wajar dan lancar, adanya pengaruh berbagai faktor, baik yang muncul dalam pribadi pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri maupun yang terdapat diluar. Diantara faktor yang mempengaruhi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan disekolah adalah faktor kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi organisasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Tarbiyatul Huda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Sampel Total dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Adapun sampel tersebut berjumlah 37 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 60,50% faktor-faktor kinerja pendidik dan tenaga kependidikan SMP Tarbiyatul Huda dijelaskan oleh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi organisasi sedangkan sisanya 39,50% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi organisai secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan SMP Tarbiyatul Huda dengan hasil analisis Fhitung = (28,576) > Ftabel = (3,28). Hasil Uji t menunjukkan variabel kepemimpinan kepala sekolah hasil analisis thitung (3,487) dan komunikasi organisasi (2,359) dimana ttabel (2,032) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan SMP Tarbiyatul Huda. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan SMP Tarbiyatul Huda adalah kepemimpinan kepala sekolah

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

S1 Manajemen
23