PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN STORE ATHMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI LOTTE GROSIR BOGOR

Abdul Aziz
2411806916
2022
PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN STORE ATHMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI LOTTE GROSIR BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Persaingan dibidang industri retail sangat ketat dan terus meningkat sehingga perusahaan dituntut lebih berinovasi agar tidak kalah saing oleh perusahaan retail lainnya dapat ditinjau dari maraknya bisnis retail di Indonesia, dengan munculnya beberapa bisnis retail yang membuka cabang di berbagai wilayah seperti Carrefour, Hypermart, Tip-Top dan sebagainya. Hal ini menyebabkan rendah nya tingkat loyalitas pelanggan lotte grosir bogor kemungkinan besar disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya harga, promosi dan store athmosphere. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi dan Store Athmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan di Lotte Grosir Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling . adapun sampel tersebut berjumlah 97 responden, menggunakan analisis rergesi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji F, Uji t dan uji R2. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 69,1% faktor-faktor loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh harga, promosi dan store athmosphere sedangkan sisanya 30,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan secara simultan variabel harga, promosi dan store athmosphere berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai Fhitung (72,627) > Ftabel (2,70). Hasil uji t menunjukkan variabel harga nilai thitung (3,299) dan variabel promosi (5,392) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Lotte Grosir Bogor. Adapun variabel store athmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Lotte Grosir Bogor dengan thitung (-0,065) dengan nilai ttabel (-1,985). Variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan di Lotte Grosir Bogor adalah promosi.

Kata kunci: harga, promosi dan store athmosphere, loyalitas pelanggan

S1 Manajemen
46