Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Villa Setia Puncak Bogor

Salmatul Sa'adah
2411807209
2022
Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Villa Setia Puncak Bogor
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Jasa penyewaan villa adalah salah satu transaksi yang cukup sering terjadi di Puncak Cisarua Bogor, karena banyaknya wisatawan yang datang dari luar daerah Bogor untuk menikmati suasana sejuknya Puncak Bogor. Villa Setia adalah tempat penyewaan untuk menginap yang berada di daerah Leuwimalang Puncak Bogor. Tempat yang cukup strategis untuk para wisatawan menginap dan berlibur, namun banyaknya persaingan antar akomodasi maka untuk mendapatkan loyalitas pelanggan perlu perhatikan aspek yang menunjang keloyalan pengunjung seperti harga, promosi, ataupun kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Villa Setia Puncak Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Non-Probability Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 97 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 62,80% faktor-faktor loyalitas pelanggan Villa Setia Puncak Bogor dijelaskan oleh harga, promosi, dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 37,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari harga, promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Villa Setia Puncak Bogor dengan hasil Fhitung = (55,120) > Ftabel = (2,70). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (3,992), promosi (5,312) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil thitung (1,162) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap loyalitas pelanggan Villa Setia Puncak Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan Villa Setia Puncak Bogor adalah promosi.

Kata kunci: Harga, promosi, kualitas pelayanan, dan loyalitas pelanggan

S1 Manajemen
74