STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN LAPAK BAPAK MA'MUN DI CIKERETEG BOGOR

Heni Fitrian Dewi
2411806967
2022
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN LAPAK BAPAK MA'MUN DI CIKERETEG BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Perkembangan usaha di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang lumayan pesat terutama pada usaha sayuran. Pada saat ini banyak sekali yang membuka usaha sayuran, secara offline dan ada juga beberapa yang membuka usaha secara online dengan melakukan pesanan melalui whatsapp. Sehingga kondisi persaingan usaha sayuran semakin ketat dan mengakibatkan adanya penurunan volume penjualan pada usaha sayuran lapak Bapak Ma’mun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha sayuran pada lapak Bapak Ma’mun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif dengan pengumpulan data menggunkan kuesioner dengan jumlah sampel 3 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 14 faktor internal dan 11 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi lapak Bapak Ma’mun. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,46 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,54. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi lapak Bapak Ma’mun berada pada sel II. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pemilik usaha sayuran lapak Bapak Ma’mun. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Menyediakan produk yang bervariatif dan mengoptimalkan pemasaran yang dapat dilakukan melalui sosial media untuk meningkatkan penjualan”. Kata kunci: Usaha Sayuran Lapak Bapak Ma’mun, data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

Kata kunci: Usaha Sayuran Lapak Bapak Ma’mun, data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

S1 Manajemen
20