Pengaruh Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Nabil Fresh

Rozik Aryanto
2411807253
2022
Pengaruh Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Nabil Fresh
Depok-GICI Business School-2022
Jurnal

Seiring dengan perkembangan ekonomi di era globalisasi saat ini, manusia semakin jeli dalam memenuhi kebutuhannya untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran. Di Indonesia sendiri telah terjadi pergeseran dalam transaksi pembayaran yaitu dari tunai ke non tunai, namun pergeseran ini tidak menghilangkan pembayaran tunai. Kemudahan dalam transaksi pembayaran tidak hanya dicari pada perusahaan besar saja, namun pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga konsumen ingin mendapatkan kemudahan. Sehingga permasalahannya adalah masih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang belum begitu memperdulikan tentang metode pembayaran yang mereka siapkan untuk transaksi pembayaran konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembayaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen toko Nabil Fresh serta seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian berbentuk angka untuk menguji hipotesis. Penelitian ini akan mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling, yang mana sampel pada penelitian ini berjumlah 80 responden. Dalam hasil uji regresi Y = 9,801 + 0,894X dimana koefisien regresi tersebut bernilai positif, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel metode pembayaran berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh variabel metode pembayaran terhadap variabel keputusan pembelian yaitu sebesar 38,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 7,045 lebih besar dibanding nilai ttabel 1,991 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya adalah variabel metode pembayaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Kata kunci: metode pembayaran, keputusan pembelian

S1 Manajemen
629