STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK SAPI POTONG DI CV. MUTIS INDOTAMA NUSA TENGGARA TIMUR
Dalam upaya pengembangan usaha sapi potong, yang perlu diperhatikan ialah peningkatan permintaan yang ada harus dibarengi dengan produksi yang terus bertambah sehingga dapat berkelanjutan. Seiring dengan bertambahnya pengusaha ternak sapi potong membuat persaingan semakin ketat sehingga perlu memperhatikan strategi baik internal maupun ekternal yang digunakan. Pemilihan strategi yang tepat akan membuat usaha yang dijalankan dapat berkembang secara baik. Guna memahami strategi tersebut, penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Mengumpulkan data dari informan yang diwawancarai. Hasil analisis menunjukan terdapat faktor internal Kekuatan, Kelemahan dan Faktor eksternal Peluang, Ancaman yang mempengaruhi pengembangan usaha ternak sapi potong di CV. Mutis Indotama. Adapun strategi pengembangan yang harus menjadi prioritas dalam pengembangan usaha ternak sapi potong pada CV. Mutis Indotama diantaranya: 1). Memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dan terus membangun relasi hubungan baik dengan pihak lain demi meningkatnya eksistensi usaha sapi potong. 2). Meningkatkan kualitas sapi dengan mengoptimalkan pakan hijauan untuk memenuhi permintaan pembeli sesuai SOP. 3). Mengoptimalkan sumberdaya yang ada untuk memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan peluang peluang pasar yang ada. 4). Memanfaatkan akses transportasi yang memadai, memperhatikan legalitas ijin untuk kontinuitas pengiriman sapi. 5). Memanfaatkan kemudahan mengurus legalitas untuk memperluas pasaran.
Kata kunci: Usaha Sapi Potong, Analisis SWOT, QSPM
- COVER_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
- BAB I_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
- BAB II_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
- BAB III_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
- BAB IV_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
- BAB V_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_ACHMAD FAISAL.R_2411806807.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.