Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor
WAHYU LIANINGSIH. NIM 2412008435. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor. Manajemen sumber daya manusia adalah cara mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efektif dan efisien serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama lembaga atau organisasi, pekerja dan masyarakat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu diperlukan komponen guru yang berperan dalam proses usaha memajukan manajemen sumber daya manusia dan beragam faktor yang dapat mempengaruhi kinerja. Adapun permasalahan yang dihadapi yaitu masih rendahnya motivasi kerja guru sehingga membuat kinerja guru perlu untuk tingkatkan, kurangnya disiplin kerja, adanya guru yang tidak hadir tanpa ada keterangan, kinerja guru menjadi menurun, dan kurang kondusifnya lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuisioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Adapun sampel berjumlah 36 responden dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 46,5% faktor-faktor kinerja guru SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor dijelaskan oleh motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja sedangkan sisanya 53,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari motivasi kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (11,141) > Ftabel = (2,90). Hasil Uji t menunjukkan variabel lingkungan kerja hasil analisis thitung 4,627) dimana ttabel (2,036) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sedangkan variabel motivasi kerja menunjukkan hasil thitung (0,239) dan variabel disiplin kerja menunjukkan hasil (1,557), dimana ttabel (2,036) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan di SMK Bhinneka Nusantara Cisarua Bogor adalah lingkungan kerja.
Kata kunci: motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja, kinerja guru.
- Cover_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
- BAB I_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
- BAB II_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
- BAB III_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
- BAB IV_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
- BAB V_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
- Daftar Pustaka_Wahyu Lianingsih_2412008435.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.