PENGARUH KENAIKAN PAJAK DAN PERSAINGAN JASA LAYANAN PENYEDIA APLIKASI OJEK ONLINE TERHADAP PENDAPATAN MITRA GRAB DI KABUPATEN BOGOR

Mochammad Syahru Ramadhan
61201021008814
2025
PENGARUH KENAIKAN PAJAK DAN PERSAINGAN JASA LAYANAN PENYEDIA APLIKASI OJEK ONLINE TERHADAP PENDAPATAN MITRA GRAB DI KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan kepada Negara oleh individu yang bersifat wajib sesuai dengan hukum yang berlaku dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsunmng dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Persaingan jasa adalah situasi di mana beberapa penyedia jasa bersaing untuk mendapatkan pelanggan dengan menawarkan layanan yang serupa atau berbeda, dengan tujuan untuk menarik minat dan loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kenaikan pajak dan pelayanan jasa terhadap pendapatan mitra. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu kenaikan pajak dan pelayanan jasa memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap pendapatan mitra (Y). Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi keduanya yang barada dibawah ambang batas 0,05. Artinya, konsumen merasakan dampak nyata dari kenaikan pajak serta persaingan jasa terhadap pendapatan mitra. Selanjutnya, hasil uji f menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap pendapatan mitra, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 13,282 > f tabel 2,700 . Ini berarti bahwa model regresi yang digunakan dapat diterima dan mampu menggambarkan hubungan antara variabel independen dengan pendapatan mitra. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,199 atau 19,9% menunjukkan bahwa pendapatan mitra dapat dijelaskan kedua variabel tersebut, sedangkan sisanya 80,1 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Kata kunci: Kenaikan Pajak, Pelayanan Jasa dan Pendapatan Mitra Grab.

S1 Manajemen
4