PENGARUH PEMASARAN DIGITAL E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK GALIS (THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING E- COMMERCE AND SOCIAL MEDIA ON THE PURCHASE DECISION OF BATIK GALIS)

Aulia Prantika Rahayu
61201021008997
2025
PENGARUH PEMASARAN DIGITAL E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK GALIS (THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING E- COMMERCE AND SOCIAL MEDIA ON THE PURCHASE DECISION OF BATIK GALIS)
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Perkembangan teknologi informasi mendorong perubahan strategi pemasaran, termasuk Batik Galis yang memanfaatkan e-commerce dan media sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemasaran digital melalui e-commerce dan media sosial terhadap keputusan pembelian produk Batik Galis. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan survei pada 100 konsumen menggunakan kuesioner. Analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan pemasaran digital melalui e-commerce dan media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 70,1%, sedangkan 29,9% dipengaruhi faktor lain. Uji t membuktikan bahwa e-commerce dan media sosial masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, Batik Galis perlu mengoptimalkan strategi digital untuk meningkatkan keputusan pembelian dan loyalitas konsumen.

Kata kunci: Pemasaran Digital, E-Commerce, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Batik Galis.

S1 Manajemen
2