Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas Pada UMKM Sandal Nadhira Untuk Meningkatkan Daya Saing
Di era globalisasi saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran dominan dalam struktur perekonomian nasional, dengan lebih dari 64 juta unit usaha yang menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional (BPS, 2023). Namun demikian, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan modal, akses pasar yang terbatas, rendahnya inovasi teknologi, serta persaingan ketat dengan produk impor, terutama di sektor industri seperti alas kaki. Salah satu UMKM yang mengalami tantangan tersebut adalah UMKM Sandal Nadhira di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi strategi peningkatan daya saing bagi UMKM Sandal Nadhira melalui analisis Business Model Canvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Sandal Nadhira telah menerapkan kesembilan elemen BMC dalam proses bisnisnya. Melalui analisis SWOT, posisi UMKM ini berada pada Kuadran III, yang berarti memiliki peluang besar namun masih menghadapi kelemahan internal. Selanjutnya, analisis dilakukan menggunakan matriks QSPM, yang menghasilkan strategi prioritas berupa melakukan pemasaran digital secara maksimal dengan skor 5,66. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar UMKM Sandal Nadhira lebih memfokuskan pengembangan pada elemen Channels dan Customer Relationship dalam kerangka BMC untuk meningkatkan daya saing di pasar.
Kata kunci: UMKM, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Strategi, Daya Saing.
- Cover_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
- BAB I_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
- BAB II_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
- BAB III_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
- BAB IV_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
- BAB V_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
- Daftar Pustaka_Nurul Fadilla_61201021008841.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.