ANALISA STRATEGI PEMASARAN UNTUK EMINGKATKAN PANGSA PASAR DI PT KARTIKA EKA YUDHA MARITIM ( CABANG BOGOR )
ABSTRAK Perkembangan teknologi dan globalisasi telah mengubah perdagangan internasional, memberikan peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi, namun juga menghadirkan tantangan bagi perusahaan Freight forwarding seperti PT. Kartika Eka Yudha Maritim (KEYM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pangsa pasar PT. KEYM Cabang Bogor. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT, IFE, EFE, IE, dan QSPM. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner kepada karyawan di cabang Bogor. Hasil penelitian mengidentifikasi 11 faktor internal (7 kekuatan, 4 kelemahan) dan 7 faktor eksternal (3 peluang, 4 ancaman). Skor IFE (3,12) dan EFE (2,15) menempatkan perusahaan pada Sel IV (Hold and Maintain) dalam matriks IE, menunjukkan posisi yang baik namun perlu meningkatkan faktor eksternal. Analisis SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi, di antaranya adalah peningkatan branding digital dan optimalisasi biaya. QSPM menunjukkan Peningkatan Branding Digital sebagai strategi prioritas dengan nilai STAS 6,97. Temuan ini menyarankan PT. KEYM untuk fokus pada pengembangan branding digital, memperluas jaringan kemitraan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan guna menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri freight forwarding
Kata kunci: Kata Kunci: PT. Kartika Eka Yudha Maritim, Strategi Pemasaran, SWOT, IFE, EFE, QSPM.
- Cover_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.pdf
- BAB I_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.pdf
- BAB II_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.pdf
- BAB III_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.doc.pdf
- BAB IV_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.doc.pdf
- BAB V_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.doc.pdf
- Daftar Pustaka_Neng Siti Simulti Balqis_241180807109.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.