PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR PROGRAM STRATA 1 MELALUI PT. GILLAND GANESHA (STUDI KASUS PLATFORM EDUNITAS MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL DEPOK)

Muhamad Aksal
61201021008749
2025
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR PROGRAM STRATA 1 MELALUI PT. GILLAND GANESHA (STUDI KASUS PLATFORM EDUNITAS MAHASISWA STIE GICI BUSINESS SCHOOL DEPOK)
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Penurunan jumlah pendaftar mahasiswa baru di STIE GICI Business School Depok melalui platform Edunitas dalam tiga tahun terakhir menjadi perhatian serius dalam pengelolaan strategi pemasaran pendidikan. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi rendahnya minat calon mahasiswa adalah harga pendidikan yang dianggap tinggi serta promosi yang belum menjangkau target audiens secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan mendaftar pada program Strata 1 melalui PT. Gilland Ganesha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 71 responden yang merupakan mahasiswa STIE GICI Business School Depok. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 21, disertai uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar dengan nilai signifikansi (0, 027) < (0,05) dan nilai thitung sebesar (2,256) > ttabel (1,995). Promosi juga berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai signifikansi (0, 000) < (0,05) dan nilai thitung (4,767) > ttabel (1,995). Secara simultan, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar dengan nilai Fhitung (45,282) > Ftabel (3,13) dan signifikansi (0,000) < (0,05). Adapun nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar (0, 559), yang menunjukkan bahwa 55,9% variasi keputusan mendaftar dipengaruhi oleh harga dan promosi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Kata kunci: Harga, Promosi dan Keputusan Mendaftar.

  • Cover_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
  • BAB I_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
  • BAB II_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
  • BAB III_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
  • BAB IV_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
  • BAB V_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
  • Daftar Pustaka_Muhamad Aksal_61201021008749.pdf
S1 Manajemen
2