Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Du Lido Bakery

Muhamad Afrian Agustin
61201021009011
2025
Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Du Lido Bakery
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Industri makanan merupakan suatu bentuk usaha yang cukup prospektif di Indonesia, hal ini dikarenakan makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Keberadaan usaha kecil dan kegiatan pemasarannya mampu menciptakan masyarakat yang memiliki sumber penghasilan mandiri dan tidak bergantung pada pihak lain untuk memenuhi kebutuhannya dan usaha mikro kecil selama ini juga banyak berperan membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja. Adanya roti telah menjadikan makanan pokok terbesar masyarakat Indonesia dengan menempati urutan ketiga setelah nasi dan mie. Budaya konsumsi roti pada awalnya hanya dilakukan oleh orang barat saja, akan tetapi saat ini roti menjadi pilihan paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Du Lido Bakery merupakan salah satu unit usaha yang bergerak dalam bidang usaha industri makanan dengan fokus pada pembuatan produk roti yang berdiri sejak tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Du Lido Bakery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dalam penelitian kuantitatif, metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menujukkan bahwa 85.4% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi sedangkan sisanya 14.6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis Fhitung lebih besar dari pada Ftabel yaitu 194.017 > 2.47. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk hasil analisis thitung variabel kualitas produk 2,836, thitung variabel harga 3.283, dan thitung variabel promosi 4.356 sedangkan angka ttabel 1,98498 (thitung>ttabel), maka artinya bahwa secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel promosi.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
4