PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, LOCUS OF CONTROL, PARENTAL INCOME TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM SARJANA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI X DI KOTA DEPOK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak literasi keuangan, pola hidup, locus of control, dan parental income terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa program sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi X, Kota Depok. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keterampilan mahasiswa dalam mengelola keuangan secara bijaksana, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi di zaman modern. Literasi keuangan menjadi elemen utama dalam pemahaman mahasiswa mengenai pengelolaan keuangan, sedangkan pola hidup, locus of control, dan pendapatan orang tua juga berperan dalam membentuk perilaku finansial mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik inferensial untuk menguji hubungan antar variabel, baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan, semakin baik pula kemampuan mereka dalam mengelola keuangan. Secara parsial, literasi keuangan memiliki koefisien sebesar 0,334 dengan nilai t = 3,671 dan signifikansi 0,000; gaya hidup sebesar 0,269 (t = 2,970; sig. = 0,003); locus of control sebesar 0,315 (t = 3,645; sig. = 0,000); dan pendapatan orang tua sebesar 0,373 (t = 3,676; sig. = 0,000).Secara simultan, nilai F sebesar 31,798 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa model regresi yang dibangun signifikan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,419, yang berarti bahwa 41,9% variabel perilaku manajemen keuangan dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen yang diteliti. Pola hidup juga terbukti memiliki pengaruh signifikan, di mana pola hidup yang bijak berkontribusi pada perilaku keuangan yang lebih baik. Selain itu, locus of control sebagai faktor internal mahasiswa menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mereka. Begitu juga pengaruh pendapatan orang tua terhadap perilaku pengelolaan keuangan menunjukkan signifikansi secara parsial. Namun, secara simultan, literasi keuangan, pola hidup, locus of control, dan parental income memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan literasi keuangan, pengembangan kontrol diri, serta promosi pola hidup berkelanjutan di kalangan mahasiswa.Diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar bagi institusi pendidikan untuk merancang program edukasi keuangan yang lebih efektif dalam meningkatkan literasi keuangan mahasiswa dan membentuk perilaku finansial yang bertanggung jawab.
Kata kunci: literasi keuangan, gaya hidup, locus of control, parental income, perilaku pengelolaan keuangan.
- RAHAYU COVER THESIS.docx
- BAB I RAHAYU.docx
- BAB II RAHAYU.docx
- BAB III RAHAYU.docx
- BAB IV RAHAYU.docx
- BAB V RAHAYU.docx
- DAFTAR PUSTAKA RAHAYU.docx
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.