PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KLINIK PAGELARAN DENTAL AND HEALTHY CARE

Ahmad Suwandi
61201021008759
2025
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KLINIK PAGELARAN DENTAL AND HEALTHY CARE
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Pagelaran Dental & Healthy Care. Latar belakang masalahnya didasarkan pada adanya keluhan pelanggan terkait fasilitas, sistem pelayanan, dan ketidakpastian harga. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 90 responden yang merupakan pasien klinik, di mana data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini didukung oleh uji F dengan nilai F hitung sebesar 179,503 dan signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Secara parsial, harga terbukti memiliki pengaruh signifikan yang lebih dominan dibandingkan kualitas pelayanan, dengan nilai t-hitung 2,128 dan signifikansi 0,036, sedangkan harga memiliki nilai t-hitung 9,410 dengan signifikansi 0,000. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama mampu menjelaskan 80% variasi kepuasan pelanggan, sementara sisanya 20% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Klinik Kesehatan, Regresi Linear Berganda.

S1 Manajemen
19