PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TAOK VIN'S ELECTRIC

Fendi Putra Jaya Zai
-
61201021008716
2025
PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TAOK VIN'S ELECTRIC
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran menjadi kunci utama bagi toko ritel untuk memenangkan hati konsumen. Dalam konteks ini faktor-faktor seperti harga, promosi dan kualitas pelayanan tidak bisa dipandang remeh. Masing-masing faktor ini memiliki peran signifikan dalam memengaruhi perilaku konsumen dan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini difokuskan pada analisis mendalam tentang bagaimana kebijakan harga, strategi promosi, dan kualitas pelyananan di Toko Vin’s Electric berkontribusi terhadap preferensi pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Vin’s Electric. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik insidental sampling, dengan jumlah sampel 75 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa sebesar 72,3% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga, promosi dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 27,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung (27,025) > Ftabel (2,734). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (3,243), kemudian kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (2,206) dimana ttabel (1,667) maka secara parsial variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Vin’s Electric. Adapun variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (0,286), maka secara parsial variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Vin’s Electric. Variabel yang yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Toko Vin’s Electric.

Kata kunci: Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
0