PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DI DESA TANJUNG SARI

Shafiyah Ainunnisa
Bambang Suntoro
2412008072
2025
PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DI DESA TANJUNG SARI
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Kemajuan teknologi di Indonesia semakin hari terus berkembang, termasuk dengan meningkatnya penggunaan internet dan teknologi informasi yang menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Fenomena ini menjadikan banyak pengusaha di Indonesia yang berusaha melakukan perubahan dengan cara menjadikan internet sebagai media dalam mengembangkan bisnisnya, khususnya dalam layanan Paylater. Adapun permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah gaya hidup masyarakat dan perilaku konsumtif masyarakat yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Paylater di Desa Tanjung Sari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan yaitu analisis linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 85 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 77,3% faktor-faktor keputusan pembelian di pengaruhi oleh gaya hidup dan perilaku konsumtif, sedangkan sisanya 22,7% di pengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan nilai signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu Fhitung sebesar = (144.010) > dari Ftabel (3,110). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel gaya hidup hasil analisis thitung (9,200), variabel perilaku konsumtif menunjukkan hasil thitung (3,687) di mana ttabel (1,989), maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee Paylater di Desa Tanjung Sari. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian pengguna Shopee Paylater di Desa Tanjung Sari adalah gaya hidup.

Kata kunci: Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Keputusan Pembelian, Shopee Paylater

S1 Manajemen
4