PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOWROOM DIRGANTARA MOTOR TRIDAYA SAKTI TAMBUN

Desi Puspitasari
61201021008595
2025
PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOWROOM DIRGANTARA MOTOR TRIDAYA SAKTI TAMBUN
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di showroom mobil bekas Dirgantara Motor. Latar belakang dari penelitian ini adalah persaingan yang semakin ketat dalam industri otomotif, khususnya pada penjualan mobil bekas, sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel harga, produk dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 70%. Hal ini mengindikasikan bahwa 70% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga, produk dan promosi, sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel harga, produk dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (44,606) > Ftabel (2,790). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel harga menunjukan hasil anaslisis thitung (3,927), variabel produk menunjukan hasil analisis thitung (3,015), variabel promosi menunjukan hasil analisis thitung (3,357) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Showroom Dirgantara Motor Tambun. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Showroom Dirgantara Motor adalah harga.

Kata kunci: Harga, Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
6