Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aqua di Kota Bogor.

Nara Tirta Tirani
2411807108
2022
Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aqua di Kota Bogor.
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Air minum dalam kemasan atau yang biasa disebut AMDK adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa ukuran. Adapun ukuran air minum kemasan yang umum antara lain : gelas 240 ml, botol 330 ml, botol 600 ml, botol 750 ml, botol 1500 ml, galon 19 l maupun ukuran kemasan lainnya. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti banyaknya pesaing merek produk AMDK yang beredar sehingga konsumen mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan, semakin bertambah dan semakin luas jaringan pemasarannya sehingga persaingan semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aqua di Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 36,80% faktor – faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh produk, harga, dan promosi sedangkan sisanya 63,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel produk, harga dan promosi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis, yaitu nilai Fhitung (20,201) > dari Ftabel = (2,70). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk menunjukkan hasil analisis thitung (4,190) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (2,025) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Aqua di Kota Bogor. Adapun variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Aqua di Kota Bogor dengan hasil nilai analisis thitung (0,168). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk Aqua di Kota Bogor adalah produk.

Kata kunci: produk, harga, promosi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
83