Analisis Strategi Pemasaran Pada SMK 98 Ciawi

Putri Shifasyah Tanjung
2432000258
2024
Analisis Strategi Pemasaran Pada SMK 98 Ciawi
Depok-GICI Business School-2024
Laporan Tugas Akhir (D III)

Pada masa ini membuat kondisi persaingan dunia pendidikan semakin kompetitif. Salah satunya di bidang pendidikan yang merasakan persaingan, serta banyak peluang yang menjanjikan bagi lembaga pendidikan untuk memenuhi kebutuhan siswa/i dalam belajar, salah satunya SMK 98 Ciawi. Promosi yang dilakukan oleh SMK 98 Ciawi hanya mengandalkan promosi secara offline, di era teknologi yang hampir semua aktivitas dilakukan secara online, termasuk mencari tau informasi mengenai produk atau barang. Semua ini mengakibatkan ketidak stabilan pemasukan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi SMK 98 Ciawi juga menganalisis strategi pemasaran yang dapat di lakukan oleh SMK 98 Ciawi. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness,Opportunities, Threats). Hasil analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh SMK 98 Ciawi. Kekuatan yang dimiliki oleh SMK 98 Ciawi adalah lokasi sekolah yang yang strategis dan milik yayasan sendiri, brand dikenal oleh masyarakat luas, kualitas pelayanan yang di terapkan cukup baik, memiliki biaya yang ekonomis sesuai dengan kemampuan masyarakat. Kelemahannya adalah inovasi sekolah dapat ditiru pesaing, pendidik datang tidak tepat waktu, belum memiliki pendidik yang cukup banyak dan sudah terverifikasi, sekolah blm terakreditasi A, sarana dan prasarana yang masih kurang lengkap dan memiliki kerusakan, kurangnya ekstrakurikuler. Peluangnya adalah sistem belajar dapat di inovasikan dengan berbagai cara dengan menggunakan teknologi, mengetahui pangsa pasar pesaing, gaya hidup siswa/siswi yang modern, sasaran pemasaran menggunakan jangka panjang dan jangka pendek, masyarakat sekitar yang religius, kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan mengenai peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah melalui rekrutmen, pelatihan dan penilaian, daya tarik yang kuat dihari tertentu. Ancamannya adalah kecanggihan alat promosi ditempat pesaing, banyaknya sekolah tingkat SMK/ MA yang menawarkan biaya sekolah dengan biaya yang lebih terjangkau, sarana dan prasarana pesaing lebih lengkap, lokasi pesaing berdekatan, banyak pesaing sejenisnya, kualitas pelayanan yang dimiliki pesaing lebih unggul, faktor ekonomi orang tua siswa yang tidak stabil.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis Strategi Pemasaran SMK 98 Ciawi , SWOT.

D3 Manajemen Pemasaran
3