ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KREDIT KENDARAAN BERMOTOR (KKB) (STUDI KASUS BANK BCA KCP KOTA WISATA)
MULDIA AYU VENA. NIM 2412008331. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kredit Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Bank BCA KCP Kota Wisata). Lembaga Perbankan di Indonesia dikenal lebih luas dibanding lembaga keuangan lainnya seperti Asuransi, Dana pensiun, koperasi, dan lembaga pembiayaan lainnya. Menurut UU Nomor 10 Tahun 1998, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing bisnis yang menjadi strategi prioritas Bank BCA KCP Kota Wisata. Dengan analisis terhadap aspek dalam lingkungan internal perusahaan yaitu sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, produksi dan operasi jasa, sistem informasi manajemen, penelitian dan pengembangan, dan analisis lingkungan eksternal yang berfokus pada faktor politik, ekonomi, sosial dan teknologi serta persaingan industri. Setelah itu melakukan perumusan strategi melalui tiga tahapan yaitu tahap masukan yang menggunakan matriks IFE dan matriks EFE, selanjutnya tahap pencocokan dengan menggunakan matriks Internal-Eksternal dan matriks SWOT, dan tahap keputusan dengan menggunakan Quantitative Strategics Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 10 faktor internal dan 10 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi Bank BCA KCP Kota Wisata. Dari hasil pengolahan data penelitian metode observasi, dan wawancara serta kuesioner yang diambil dari 5 orang, total skor bobot tertimbang pada matriks IFE yaitu 3,184 dan total skor bobot tertimbang matriks EFE yaitu 3,386. Matriks Internal-Eksternal (IE) menunjukan Bank BCA KCP Kota Wisata berada pada sel I yaitu tunbuh dan membangun dan didapat strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “strategi Penetrasi pasar untuk meningkatkan pemasaran dengan TAS sebesar 6,728. Kata Kunci : Perumusan Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Matriks IE, Matriks QSP, Prioritas Strategi
Kata kunci: Perumusan Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Matriks IE, Matriks QSP, Prioritas Strategi
- Cover_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
- BAB I_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
- BAB II_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
- BAB III_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
- BAB IV_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
- BAB V_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
- Daftar Pustaka_Muldia Ayu Vena_2412008331.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.