Strategi Pengembangan Bisnis Pada Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran

Siti Nurjanah
2411807043
2022
Strategi Pengembangan Bisnis Pada Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK SITI NURJANAH.NIM 2411807043 Strategi Pengembangan Bisnis Pada Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran. Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat terutama di bidang industri perkopian, yang diikuti dengan perkembangan gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini yang merupakan masyarakat modern dengan dukungan kemajuan teknologi yang semakin berkembang serta informasi yang mudah diakses. Pada saat ini banyak pebisnis yang melebarkan sayapnya di industri makanan dan minuman. Melakukan penjualan secara offline dan juga online. Sehingga kondisi persaingan bisnis coffee shop semakin ketat dan mengakibatkan adanya penurunan volume penjualan di Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jumlah sampel sebanyak 3 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 15 faktor internal dan 11 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor evaluation (IFE) yaitu 2,63 dan total skor bobot pada matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,31. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran berada pada sel II. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh manajemen Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki priorotas tertinggi yaitu strategi “Meningkatkan kenyamanan konsumen agar tercipta kepuasan bagi konsumen, serta mengoptimalkan media promosi untuk menaikkan volume penjualan”.

Kata kunci: Coffee Shop Bakar Seduh Pajajaran, data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal-eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

S1 Manajemen
45