PENGARUH KUALITAS PRODUK HARGA DAN BRAND AMBASSADOR K-POP BLACKPINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OREO Pada Anggota Group WhatsApp Fans Blackpink

Dede Rohimah
2412008245
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK HARGA DAN BRAND AMBASSADOR K-POP BLACKPINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OREO Pada Anggota Group WhatsApp Fans Blackpink
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Dalam upaya untuk mendapatkan kembali minat konsumen, dunia usaha telah berupaya untuk menyesuaikan diri dengan pola yang ada saat ini. Saat ini salah satu yang sedang banyak diminati oleh Korean Wave adalah musik, khususnya K-Pop. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti kualitas produk yang tidak sesuai, harga yang lebih mahal, dan pelanggan membeli pproduk oreo hanya untuk mendapatkan photocard idolanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Ambassador K-pop Blackpink Terhadap Keputusan Pembelian produk oreo pada anggota group WhatsApp fans blackpink. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sample jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Adapun sampel tersebut berjumlah 106 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 45,8% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan brand ambassador sedangkan sisanya 54,2% dijelaskan oleh f aktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, harga dan brand ambassador secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelilan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (30,888) > Ftabel (2,69). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,078) dan variabel brand ambassador menunjukkan hasil analisis thitung (4,953) dimana ttabel (1,980) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk oreo pada anggota group WhatsApp fans blackpink. Adapun variabel kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk oreo dengan nilai hasil analisis thitung (0,821). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk oreo adalah harga.

Kata kunci: Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
59