PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LE MINERALE (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Syafira
61404021000286
2024
PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LE MINERALE (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2024
Laporan Tugas Akhir (D III)

Pertumbuhan bisnis atau usaha air minum dalam kemasan atau AMDK saat ini sangat menarik, karena seiring berjalannya waktu, air minum dalam kemasan sulit dipisahkan dengan keseharian masyarakat indonesia. Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan atau merek dalam menghadapi persaingan yaitu dengan bekerjasama atau memunculkan seorang tokoh baik aktor, aktris, atupun tokoh-tokoh penting dan hebat lainnya yang memiliki citra positif di masyarakat sebagai brand ambassador. Hal ini dilakukan dengan harapan agar tokoh tersebut dapat dan mampu untuk mengajak atupun mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi dan memakai produk dari perusahaan atau merek tersebut. Penggunaan strategi brand ambassador ini tidak terkecuali dilakukan juga oleh Le Minerale yang menjadikan seorang dokter cantik dan berbakat yang memiliki citra positif di masyarakat sebagai brand ambassador Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 14,9% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh indikator daya tarik, kepercayaan, dan keahlian, sedangkan sisanya 85,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand ambassador menunjukkan hasil analisis thitung (4,144) dimana ttabel (1,984) maka variabel brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Le Minerale di Kota Bogor.

Kata kunci: Brand Ambassador, Keputusan Pembelian

D3 Manajemen Pemasaran
13