PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO SAUNG PRAMUKA BANTEN

Pirmansyah
2412008558
2024
PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO SAUNG PRAMUKA BANTEN
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Peningkatan minat terhadap gerakan pramuka telah mendorong berkembangnya bisnis perlengkapan pramuka, termasuk Toko Saung Pramuka yang dikenal menyediakan produk berkualitas tinggi. Fokus utama toko ini adalah harga yang kompetitif, layanan berkualitas, dan lokasi strategis, menawarkan perlengkapan yang tahan lama dan aman. Pemilihan lokasi mencakup pertimbangan aksesibilitas, kedekatan dengan sekolah, kepadatan penduduk, persaingan, dan lingkungan. Dengan strategi ini, Toko Saung Pramuka berkontribusi signifikan terhadap gerakan pramuka dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Saung Pramuka. Jenis penelitian yang berlandaskan (filsafat positivism) yang mengutamakan (empirisme) dan dilakukan pada populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel acak (random) dan data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian objektif. Analisis data bersifat kuantitatif atau statistik untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji Koefiensi Determinasi nilai Adjusted R square menunjukkan bahwa 6,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga, kualitas layanan, dan lokasi, sementara 93,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji F menunjukkan bahwa harga, kualitas layanan, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai Fhitung (3,163) lebih besar dari Ftabel (2,700). Uji t menunjukkan variabel harga memiliki thitung (2,775) > dari ttabel (1,980), sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Saung Pramuka. Sementara itu, kualitas layanan dan Lokasi tidak berpengaruh signifikan dengan thitung masing-masing (-1,680) dan (1,230). Harga merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Toko Saung Pramuka.

Kata kunci: harga, kualitas layanan, lokasi, keputusan pembelian

S1 Manajemen
2