PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Studi Kasus: CV Holiyeay Indonesia dalam Industri Parfum

Fauzi Budi Setiawan
Jahani, Evilina Sjaiful
61101022100104
2024
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Studi Kasus: CV Holiyeay Indonesia dalam Industri Parfum
Depok-GICI Business School-2024
Tesis

Perkembangan pemasaran di Indonesia dari era tradisional hingga era digital mencerminkan perubahan yang cepat dalam teknologi, perilaku konsumen, dan tuntutan pasar. Dalam konteks perilaku konsumen dan tuntutan pasar, tingkat kepuasan pelanggan menjadi puncak keputusan pelanggan dalam memilih dan membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan secara sustainability. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk (X1), Harga (X2) dan Kualitas Pelayanan (X3) terhapa variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Pengambilan jumlah responden menggunakan Rumus Slovin. Sampel yang dalam penelitian ini berjumlah 133 responden. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metodode statistic dengan bantuan SPSS for Windos versi 29.0. Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh Variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar <0,01 < 0,05, variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar <0,01 < 0,05, Variabel Kualitas Pelayanan (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar <0,01 < 0,05, Variabel Kualitas Produk (X1) dan variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar<0,01 < 0,05, Variabel Kualitas Produk (X1) dan Variabel Kualitas Pelayanan (Y) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar <0,01 < 0,05, maka Hipotesis alternatif (H5) diterima. Variabel Harga (X2) dan Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar <0,01 < 0,05. Variabel Kualitas Produk (X1), Variabel Harga (X2) dan variabel Kualitas Pelayanan (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar <0,01 < 0,05 dan Tingkat pengaruh signifikansi variabel independent X1, X2, dan X3 terhadap Y adalah 0.723 atau 72,30 %. Dapat dikatakan bahwa pengaruh tersebut merupakan pengaruh yang sangat kuat.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

S2 Manajemen
45