PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND AMBASSADOR DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SOMETHINC DI KOTA BOGOR (STUDI KASUS PENGUNJUNG ALUN-ALUN KOTA BOGOR DAN PERPUSTAKAAN BOGOR)
Seiring dengan berjalannya waktu industri kosmetik terus mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat, termasuk dari cara mereka melihat dan menggunakan produk. Dengan meningkatnya peminat masyarakat terhadap kosmetik, sehingga menyebabkan meningkatnya perusahaan kosmetik yang dapat membuat persaingan semakin ketat. Untuk dapat mempertahan produknya agar tetap berada di atas maka perusahaan perlu melakukan berbagai macam strategi agar produknya tidak kalah dengan pesaing. Namun dalam beberapa hal ditemukan adanya beberapa permasalahannya diantaranya seperti masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap suatu merek produk, adanya ketidaksesuaian atau kurang terkenalnya selebriti yang dijadikannya sebagai brand ambassador dan terkait penawaran harga serta program diskon untuk setiap pembelian produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand awareness, brand ambassador dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Somethinc di Kota Bogor, khususnya terhadap pengunjung Alun-Alun Kota Bogor dan Perpustakaan Bogor. Adapun untuk jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Adapun untuk model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Guna mendapatkan sampel, penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel berupa Proportionate Stratified Random Sampling. Dalam penelitian ini terkait jumlah sampelnya sebanyak 100 responden. Adapun untuk hasil uji regresi menunjukkan bahwa sebesar 63% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh brand awareness, brand ambassador dan harga sedangkan sisanya sebesar 37% dapat dijelaskan oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sementara untuk hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel brand awareness, brand ambassador dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisisnya, yaitu Fhitung = 56,608 > Ftabel = 2,700. Sedangkan untuk hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand awareness menunjukkan hasil analisis thitung (0,355) < ttabel (1,985) maka secara parsial untuk variabel ini tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan untuk dua variabel lainnya yaitu brand ambassador dan harga yang menunjukkan hasil analisis thitung sebesar 5,206 dan 6,095 yang menunjukkan hasil lebih besar dari ttabel (1,985), maka untuk kedua variabel ini secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik Somethinc di Kota Bogor adalah variabel harga.
Kata kunci: brand awareness, brand ambassador, harga, keputusan pembelian
- Cover_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
- BAB I_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
- BAB II_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
- BAB III_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
- BAB IV_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
- BAB V_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
- Daftar Pustaka_Tri Seftiyani_2412008465.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.