PENGARUH FASILITAS,HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN (POLI PENYAKIT DALAM) DI RUMAH SAKIT JATISAMPURNA BEKASI
LATIFAH NOER ADHA. NIM 2411706488. Pengaruh Fasilitas, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan (Poli Penyakit Dalam) Di Rumah Sakit Jatisampurna Bekasi. Rumah sakit merupakan lembaga pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat yang pelayananya disediakan oleh para pekerja yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Dewasa ini rumah sakit merupakan salah satu hal yang sangat penting keberadaanya untuk menunjang kesehatan seluruh masyarakat. Adapun permasalahan yang dihadapi dirumah Sakit seperti kurangnya kepuasan pasien yang disebabkan oleh beberapa faktor penting terutama berkaitan dengan kualitas layanan yang diberikan oleh rumah sakit masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan (Poli Penyakit Dalam) Di Rumah Sakit Jati Sampurna Bekasi. Metode penelitian yang akan digunakan didalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif disebut juga dengan pendekatan positivisme karena berlandaskan filsafat positivisme. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier bergada. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sample tersebut berjumlah 94 orang dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa variabel fasilitas, harga dan kualitas layanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 52,5% sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel fasilitas,harga dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (35,261) > Ftabel (2,70). Sedangkan berdasarkan hasil uji t variabel harga menunjukan hasil analisis t hitung (2,084) dan variabel kualitas layanan menunjukan hasil analisis thitung (5,806) dimana ttabel (1,98638) maka dapat disimpulkan secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Jati Sampurna Bekasi. Adapun variabel fasilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Jati Sampurna Bekasi dengan nilai hasil analisis thitung (-0,074). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Jati Sampurna Bekasi yaitu variabel kualitas layanan.
Kata kunci: Fasilitas, Harga, Kualitas layanan, Kepuasan pasien
- Cover_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
- BAB I_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
- BAB II_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
- BAB III_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
- BAB IV_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
- BAB V_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
- Daftar Pustaka_Latifah Noer Adha_2411706488.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.