PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PEMASARAN DAN KOMPENSASI KARYAWAN TERHADAP PENJUALAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk TAHUN 2014-2021

Eka Sela Pebriyana
2421801614
2022
PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PEMASARAN DAN KOMPENSASI KARYAWAN TERHADAP PENJUALAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk TAHUN 2014-2021
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Dalam beberapa tahun belakangan ini persaingan didunia usaha semakin sengit, dengan kemajuan teknologi membuat pengusaha berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan baik dari perusahaan dalam negeri maupun perusahaan yang berasal dari luar negeri. Perusahaan harus membuat strategi promosi untuk meningkatkan penjualan produk. Perusahaan juga harus mampu membuat dan mengembangkan produk yang kreatif dan inovatif, dua hal ini menjadi kunci untuk memanfaatkan peluang agar dapat meningkatkan penjualan. Salah satu sektor agroindustry yang berperan dalam perekonomian Indonesia adalah industri rokok, agroindustry ini mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Permasalahan yang dihadapi saat ini karena adanya tarif cukai rokok yang ditetapkan oleh pemerintah yang mengakibatkan harga bahan baku dan harga produk menjadi semakin mahal, disamping itu adanya pembatasan iklan rokok dan meningkatnya biaya promosi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen yang nantinya akan meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, dan Kompensasi Karyawan Terhadap Penjualan Pada PT. Gudang Garam, Tbk Tahun 2014-2021. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Gudang Garam, Tbk dengan sampel berjumlah 8 sampel yaitu dari tahun 2014 - 2021, dengan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menjelaskan bahwa 90,8% faktor-faktor penjualan dapat dijelaskan oleh, biaya produksi, biaya pemasaran, dan kompensasi karyawan sedangkan sisanya 9,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan biaya produksi, biaya pemasaran dan kompensasi karyawan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai F hitung 24,003 > F tabel 6,59 dan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05. Hasil uji t secara parsial biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai thitung 4,141 > ttabel 2,131 dan nilai signifikan sebesar 0,014 < 0,05. Secara parsial biaya pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai thitung -0,611 > ttabel 2,131 dan nilai signifikan sebesar 0,574 > 0,05. Secara parsial kompensasi karyawan tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai thitung 1,858 > ttabel 2,131 dan nilai signifikan sebesar 0,137 > 0,05.

Kata kunci: biaya produksi, biaya pemasaran, kompensasi karyawan, penjualan

S1 Manajemen
98