PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI BERSAING PADA ZIFA COFFEE
SARAH MELINA, NIM 2412008066. Penerapan Business Model Canvas Dan SWOT Untuk Menentukan Strategi Bersaing Pada Zifa Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Business Model Canvas (BMC) pada Zifa Coffee serta menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) untuk menghadapi persaingan dalam industri kafe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa menggunakan business model canvas dan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas ddan Analisis SWOT. Melalui wawancara mendalam dan observasi, ditemukan bahwa Evaluasi BMC menunjukkan segmen pelanggan yang beragam dan hubungan pelanggan yang kuat. Dalam analisis SWOT, Zifa Coffee memiliki skor kekuatan sebesar 2,16, skor kelemahan sebesar 1,32, skor peluang sebesar 2,2, dan skor ancaman sebesar 1,6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Zifa Coffee pada dasarnya telah menerapkan business model canvas dan alternative strategi dengan model business model canvas dilihat dari kekuatan (strengths) yang telah dianalisis dengan SWOT. Integrasi analisis SWOT dengan BMC dari Zifa Coffee kekuatan dalam kualitas produk yang unggul dan comfy working friendly dapat dioptimalkan melalui social media specialist (Key partner) untuk memperluas jangkauan pasar (Customer Segment). Kelemahan dalam kurangnya marketing dapat diatasi dengan memaksimalkan aktivitas yang dilakukan dalam bisnis untuk menarik pelanggan (Key Activitie). Peluang dari perkembangan teknologi dan Trend kafe yang tidak pernah habis dapat diintegrasikan dengan meningkatkan sosial media, influencer, website, dan e-commerce (Channels). Ancaman dari persaingan ketat dapat dihadapi dengan menginvestasikan dalam pelatihan, pelayanan, dan produk pelatihan SDM (Key Resource). Kata kunci: Business Model Canvas, Strategi Bersaing, SWOT
Kata kunci: Business Model Canvas, Strategi Bersaing, SWOT
- COVER_SARAH MELINA_2412008066.pdf
- BAB I_SARAH MELINA_2412008066.pdf
- BAB II_SARAH MELINA_2412008066.pdf
- BAB III_SARAH MELINA_2412008066.pdf
- BAB IV_SARAH MELINA_2412008066.pdf
- BAB V_SARAH MELINA_2412008066.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_SARAH MELINA_2412008066.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.