Analasis Strategi Bersaing CV. SINAR MEKARWANGI Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Lia Aulia
2411806756
2022
Analasis Strategi Bersaing CV. SINAR MEKARWANGI Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Dunia bisnis sudah tidak asing di telinga manusia dari kalangan muda sampai dewasa. Bisnis merupakan usaha yang dirintis oleh seseorang untuk mencapai kepuasan diri dan kepuasan pelanggan dalam menjalankan hobi dan sebuah peluang yang di ambil untuk mendapatkan laba. Maraknya bisnis pada saat ini yang membuat perusahaan khawatir akan penurunan kinerja suatu organisasi yang sudah di bentuk atau menurunnya penjualan dan pemasaran di pasar nyata atau pasar media (online). Maraknya bisnis baru yang bermunculan dengan strategi yang unik dan lebih menarik dari perusahaan yang sudah lama, sangat sulit untuk perusahaan bertahankan apa yang sudah dicapai dari sebelum banyaknya pembisnis, sehingga perusahaan dituntut untuk bisa lebih cermat dalam berbisnis . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing yang digunakan CV.SINAR MEKARWANGI dalam menghadapi persaingan bisnis, dan merumuskan alternatif strategi baru dengan melihat faktor ekternal dan internal serta memahami apa yang digunakan pesaing dalam menjalani bisnis sehingga menjadi ancaman untuk CV.SINAR MEKARWANGI sehingga perusahaan bisa memanfaatkan ancaman sebagai peluang untuk perusahaan memperbaiki bisnis. Jenis penelitian yang gunakan adalah analisis SWOT, dengan mencari matriks EFAS dan Matriks IFAS dan mencari matriks SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). Hasil analisis menunjukan penilaian terhadap faktor eksternal dan internal yang dimiliki oleh CV.SINAR MEKARWANGI dapat di peroleh total skor yang merupakan hasil dari perkalian bobot dan rating. CV.SINAR MEKARWANGI memperoleh total skor 3,3 untuk faktor strategi eksternal, sedangkan pada faktor strategis internal menghasilkan total skor 3,35. Strategi OS (Opportunities strength) ini dilakukan untuk memanfaatkan kekuatan perusahaan guna menangkap peluang yang dimiliki perusahaan. Menggunakan media promosi yang tepat sasaran yaitu media promosi dengan jarigan internet, karena media promosi dengan jaringan internet sangat dapat digunakan pada era modern, konsumen dapat mengakses permintaannya dengan mudah dan fleksibel karena dapat diakses dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Kata kunci: Kata kunci: Analisis strategi, Persaingan Bisnis, Analisis Swot

S1 Manajemen
26