PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK 1 YADASTA BOGOR

Wulan Pratiwi
2411907971
2023
PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK 1 YADASTA BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

ABSTRAK WULAN PRATIWI. NIM 2411907971. Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk 1 Yadasta Kota Bogor Pendidikan tengah menghadapi tuntutan masyarakat agar dapat mengambil solusi dan tindakan dalam perbaikan sekolah. Tuntutan tersebut muncul ke permukaan karena hasil pendidikan belum sepenuhnya memuaskan banyak pihak baik pemerintah, orang tua dan masyarakat. Berdasarkan hasil pengamatan sementara, menurunya kinerja guru dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya pelatihan, motivasi, dan disiplin oleh kepala sekolah terhadap para guru dan berdampak pada kinerja guru menjadi menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pelatihan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Guru Di SMK 1 Yadasta Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Metode Asosiatif model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Untuk metode pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada seluruh guru, dan untuk teknik pengambilan sampling dengan sampel jenuh. Adapun sampel tersebut berjumlah 38 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 66.70% faktor-faktor kinerja guru dapat dijelaskan oleh pelatihan, motivasi, dan disiplin kerja sedangkan sisanya 33.30% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel disiplin kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (25.717) > dari Ftabel (2,88). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja thitung (5.645) ttabel (2.028) maka secara parsial valiabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru di SMK 1 Yadasta Bogor. Adapun variabel pelatihan kerja dan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK 1 Yadasta Kota Bogor dengan nilai analisis variabel pelatihan kerja yaitu thitung (2.406) dan variabel motivasi kerja nilainya yaitu thitung (1.562). Variabel yang dominan mempengaruhi kinerja guru di SMK 1 Yadasta Kota Bogor adalah variabel disiplin kerja. Kata kunci : pelatihan kerja, motivasi kerja, disiplin kerja, kinerja.

Kata kunci: pelatihan kerja, motivasi kerja, disiplin kerja, kinerja.

S1 Manajemen
104