Pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Pengguna Jasa Transportasi Online Gojek (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kecamatan Cilodong)
FITRIANA. NIM 2411806821. Pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Pengguna Jasa Transportasi Online Gojek. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan kemudahan yang besar bagi segala aspek kehidupan masyarakat. Ditambah dengan munculnya Internet, kemajuan teknologi telah sangat dipromosikan. Dapat dikatakan bahwa transportasi memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pembangunan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Pengguna jasa Transportasi Online Gojek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuisioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 41,8% faktor-faktor minat pengguna jasa dapat dijelaskan oleh daya tarik iklan, pesepsi harga dan ewom sedangkan sisanya 58,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan daya tarik iklan, persepsi harga dan ewom berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna jasa dengan hasil Fhitung = (24.732) > Ftabel = (2.700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth menunjukkan hasil analisis thitung (5.957) > ttabel (1.660) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna jasa. Adapun variabel daya tarik iklan thitung (1.299) dan variabel persepsi harga thitung (1.378) yang artinya variabel tersebut tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna jasa transportasi onilne Gojek di Kecamatan Cilodong. Variabel yang dominan mempengaruhi minat pengguna jasa adalah electronic word of mouth (eWOM).
Kata kunci: daya tarik iklan, persepsi harga, electronic word of mouth, minat pengguna jasa.
- Cover_Fitriana_2411806821.pdf
- BAB I_Fitriana_2411806821.pdf
- BAB II_Fitriana_2411806821.pdf
- BAB III_Fitriana_2411806821.pdf
- BAB IV_Fitriana_2411806821.pdf
- BAB V_Fitriana_2411806821.pdf
- Daftar Pustaka_Fitriana_2411806821.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.