ANALISA STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOBIL PADA PT MANDIRI TUNAS FINANCE CABANG DEPOK

Aka Ali Septian
2411907694
2023
ANALISA STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOBIL PADA PT MANDIRI TUNAS FINANCE CABANG DEPOK
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Perkembangan di dalam dunia industri kendaraan roda empat (mobil) yang semakin pesat ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan dalam usaha penjualan. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis penjualan kendaraan roda empat terus bersaing dalam menciptakan inovasi dan kreativitas agar dapat menjadi pilihan konsumen. Perusahaan setiap tahunnya pasti memiliki target yaitu dengan terus berinovasi dalam menciptakan suatu produk. Analisis data dalam mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan secara induktif, yaitu bersifat analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan menjadi hipotesis. Berdasarkan hipotesis yang dirumuskan berdasarkan data tersebut, selanjutnya dapat disimpulkan apakah hipotesis tersebut diterima atau ditolak berdasarkan data yang terkumpul. Analisis lingkungan internal menekankan pada identifikasi dan evaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kekuatan perusahaan yang tidak mudah ditiru oleh dinamakan kompetensi khusus. Analisis eksternal berfokus pada upaya identifikasi dan evaluasi tren dan kejadian yang berada di luar kendali PT. Mandiri Tunas Finance Depok. Analisis eksternal mengungkapkan peluang dan ancaman yang dihadapi PT. Mandiri Tunas Finance Depok. Hasil analisis SWOT yang dapat ditempuh adalah: memperluas pangsa pasar, memperkuat kerja sama, meningkatkan hubungan dan kualitas SDM, meningkatkan loyalitas nasabah, kualitas produk, menjalin kerjasama, menetapkan target pasar, dan meningkatkan kualitas pemasaran, promosi, dan strategi pemasaran yang efektif.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, IE, SWOT

S1 Manajemen
90