STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ADHEW SALAD

Sri Ratna
2411907635
2023
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ADHEW SALAD
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal, faktor eksternal, alternatif strategi serta perioritas strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha Adhew Salad. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian analisis deskriptif. Teknik analisi data menggunakan analisis lingkungan internal (IFE) analisis lingkungan eksternal (EFE), Matriks Internal Eksternal (IE) untuk menentukan posisi perusahaan, Matriks SWOT yang digunakan untuk menentukan beberapa alternatif strategi, serta matriks QSPM untuk menentukan prioritas alternatif strategi. Hasil penelitian yang di peroleh dari matriks IFE dan EFE, dengan total skor terbobot Matriks IFE Adhew Salad sebesar 3,3 menggambarkan bahwa internal dari Adhew Salad berada pada sel kuat melebihi 3.0. Total skor terbobor Matriks EFE sebesar 3,5 menggambarkan bahwa internal dari Adhew Salad berada pada sel kuat melebihi 3.0. Maka hal ini menggambarkan bahwa Adhew Salad berada pada kuardan I yaitu tumbuh dan membangun (Grow and Build) dengan alternatif strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil yang diperoleh dari matriks SWOT terdapat tujuh strategi alternatif yaitu strategi (SO1) meningkatkan pemasaran produk secara online, strategi (SO2) menambah varian produk, strategi (SO3) membuka gerai baru, strategi (WO1) menerapkan teknologi keuangan untuk meningkatkan sistem manajemen, Strategi (WO2) menjalin kerjasama dengan pemasok untuk menjamin pasokan bahan baku , strategi (ST) mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan promosi dan strategi (WT) melakukan efisiensi biaya untuk mempertahankan usaha. Dari hasil matriks QSPM diperoleh tiga prioritas alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan promosi (ST1), melakukan efisiensi biaya untuk mempertahankan usaha (WT1) dan strategi menjalin kerjasama dengan pemasok untuk menjamin pasokan bahan baku (WO2).

Kata kunci: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman pada Adhew Salad

S1 Manajemen
30