ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CV. MITRA SINERGI JAKARTA

Ahmad Nur Ihsan
2411806883
2022
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CV. MITRA SINERGI JAKARTA
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Para pelaku bisnis saat ini harus selalu dapat berpikir kritis mengenai tujuan jangka panjang dalam membuat strategi pemasarannya, karena persaingan yang semakin ketat dan perkembangan teknologi yang pesat memiliki pengaruh terhadap para pengusaha dalam menjalankan aktivitas usahanya untuk tetap hidup dan berkembang. Perusahaan akan berhasil dan berkembang jika perusahaan tersebut dapat bersaing melakukan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen dengan menawarkan barang dan jasa yang mereka produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang relevan untuk meningkatkan laba usaha CV. Mitra Sinergi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Analisis data dan teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah 5 (lima) orang karyawan. Model analisis data yang digunakan adalah analisis matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary), matriks EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), matriks IE (Internal Eksternal), matriks SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrik). Berdasarkan analisis matriks IFAS diperoleh skor sebesar 3,024 sedangkan, analisis matriks EFAS diperoleh sebesar 3,013. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) berada pada kuadran I yaitu strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Matriks SWOT menghasilkan sembilan alternatif strategi yang yang bisa digunakan oleh CV. Mitra Sinergi. Berdasarkan Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah mempertahankan konsistensi harga yang terjangkau dengan kualitas pelayanan yang baik agar pelanggan tetap mempercayakan jasa CV. Mitra Sinergi. Strategi tersebut mendapatkan skor TAS sebesar 6,913.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Matrik IFAS, Matrik EFAS, Matrik IE, Matriks SWOT, QSPM

S1 Manajemen
78