ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA APLIKASI TOKOPEDIA, SHOPEE DAN TIKTOK SHOP DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Penggunaan teknologi berkembang sangat signifikan diera globalisasi. Penggunaan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis di dunia dengan memanfaatkan internet sebagai jaringan yang dapat menghubungkan konsumen dengan pelaku bisnis diberbagai belahan dunia. Kehadiran E-Commerce menciptakan interaksi yang sangat efisien dan efektif antara konsumen dan penjual. Semua kegiatan tersebut terekam sebagai sistem informasi akuntansi yang mencatat berbagai jenis kegiatan bisnis yang berlangsung. Dalam penggunaan Sistem Informasi Akuntansi diberbagai platform E-Commerce pasti terdapat perbedaan cara operasional sistem, yang dapat menimbulkan minat pelanggan terhadap penggunaan sistem, hal ini berhubungan langsung dengam Technology Acceptance Model (TAM) sebagai tinjauan minat penggunaan sistem informasi akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengalisis pengaruh Perceived Usefulness (Persepsi Kegunaan), Perceived Ease Of Use (Persepsi Kemudahan), Attitude Towards Using (Persepsi Sikap Pengguna) dan Persepsi Kerumitan terhadap Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Aplikasi Tokopedia, Shopee Dan Tiktok Shop Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa STIE GICI Depok. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 84 responden. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sample menggunakan metode random sampling, metode pengolahan data menggunakan SPSS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Sikap Pengguna dan Kerumitan berpengaruh positif terhadap Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Aplikasi Tokopedia, Shopee Dan Tiktok Shop Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap pengguna dan kerumitan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi pada aplikasi Tokopedia, Shopee dan Tiktok Shop dengan hasil analisis yaitu Fhitung (93,635) >Ftabel (2,490). Hasil uji t menunjukkan bahwa hasil analisis variabel persepsi kegunaan thitung (2,256), variabel persepsi kemudahan thitung (1,682), variabel persepsi sikap pengguna thitung (4,348) dan variabel kerumitan thitung (6,000). Kata kunci: persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi sikap pengguna, kerumitan, minat penggunaan sistem informasi akuntansi, aplikasi tokopedia, shopee dan tiktok shop, technology acceptance model (TAM).
Kata kunci:
- Cover_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
- BAB I_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
- BAB II_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
- BAB III_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
- BAB IV_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
- BAB V_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
- Daftar Pustaka_ADINDA KHOIRUNNISA_2421901863.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.