Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Toko Sembako Syifa Indramayu

Syifa Fadillah
2411806894
2022
Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Toko Sembako Syifa Indramayu
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Saat ini semakin banyak persaingan di dunia bisnis dan beragam akibat kontinuitas pasar. Persaingan bisnis sama dengan ajang kompetisi antara penjual yang sama-sama berusaha ingin mendapatkan laba serta penjualan yang tinggi. Sehingga terjadilah persaingan antar agen sembako untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta memberikan kepuasan kepada pelanggan secara maksimal, untuk melakukan persaingan, perusahaan harus memperhatikan strategi dalam memasarkan produknya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga Dan Tingkat Penjualan Terhadap Tingkat Penjualan Toko Sembako Syifa di Indramayu. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,633 atau jika menggunakan persentase yaitu 63,3%. Ini berarti bahwa variabel independen atau variabel bebas yaitu harga dan kualitas produk secara bersama-sama (simultan) mempengaruhi variabel dependen atau variabel terikat yaitu tingkat penjualan sebesar 63,3% sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, misalnya suasana lingkungan, lokasi, bukti fisik, promosi dan lain sebagainya. hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel independen yang terdiri dari harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 86,500 lebih besar Ftabel yaitu 2,700. Sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (8,499) dimana ttabel (1,987) Maka secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan Toko Sembako Syifa di Indramayu. Adapun variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan Toko Sembako Syifa di Indramayu dengan nilai hasil analisis thitung (-0,634). Variabel yang dominan mempengaruhi tingkat penjualan Toko Sembako Syifa adalah kualitas produk.

Kata kunci: harga, kualitas produk, tingkat penjualan

S1 Manajemen
177