PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KABUPATEN BEKASI PERIODE JANUARI 2023
NURMILAH. NIM 2421901747. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Online di E-commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Di Kabupaten Bekasi Periode Januari 2023. Pesatnya pembangunan pada dunia bisnis, perusahaan meningkatkan metode dalam mendistribusikan produk-produknya. Penerapan sistem informasi akuntansi pada bisnis online dapat memberikan informasi sebagai hasil pengolahan transaksi rutin atas transaksi akuntansi seperti penjualan online. Pengguna E-commerce yang meningkat, tentu saja banyak permasalahan-permasalahn yang ditemukan. Menurut Idntimes pada tahun 2021 terjadi kasus peretasan pada E-commerce sebanyak 13 juta akun pengguna Bukalapak. Dalam kasus ini akun pengguna Bukalapak diretas oleh hacker asal Pakistan. Kasus lainnya terjadi pada E-commerce Lazada, tercatat 1,1 juta data pengguna supermarket online RedMart milik Lazada diretas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan, fleksibilitas dan keamanan SIA penjualan online di shopee terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan kuisioner. Selain itu, penelitian ini tergolong penelitian asosiatif yaitu penelitian yang diguakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dengan pendekatan kuisioner. Hasil uji regresi menunjukan bahwa variabel independen berupa kemudahan, fleksibilitas dan keamanan secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian pada E-commerce Shopee sebesar 63,2% sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri dari dari kemudahan, fleksibilitas, dan keaman berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di E-commerce Shopee pada masyarakat di Kabupaten Bekasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai nilai Fhitung = 57,708 > dari Ftabel = 3,090. Hasil uji t menunjukan bahwa kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di E-commerce Shopee pada masyarakat di Kabupaten Bekasi karena thitung (1,225) < ttabel (1,984) serta nilai signifikannya lebih dari 0,05. Sedangkan fleksibilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di E-commerce Shopee pada masyarakat di Kabupaten Bekasi karena thitung (3,764) > ttabel (1,984) serta nilai signifikannya kurang dari 0,05. Kemudian variabel keamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di E-commerce Shopee pada masyarakat di Kabupaten Bekasi karena thitung (4,685) > ttabel (1,984) serta nilai signifikannya kurang dari 0,05.
Kata kunci: Kemudahan, Fleksibilitas, Keamanan, Keputusan Pembelian
- Cover_Nurmilah_2421901747.pdf
- BAB I_Nurmilah_2421901747.pdf
- BAB II_Nurmilah_2421901747.pdf
- BAB III_Nurmilah_2421901747.pdf
- BAB IV_Nurmilah_2421901747.pdf
- BAB V_Nurmilah_2421901747.pdf
- Daftar Pustaka_Nurmilah_2421901747.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.