PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXX COFFEE LIPPO PLAZA KEBOEN RAYA BOGOR

Muhamad Chairul Alwan
2411807170
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXX COFFEE LIPPO PLAZA KEBOEN RAYA BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Seiring berkembangnya industri coffee shop yang pesat saat ini, berbagai coffee shop di Indonesia mengalami banyak perubahan khusunya perubahan konsep sehingga marak bermunculan coffee shop bernuansa modern yang disesuaikan dengan gaya hidup konsumen saat ini. Dengan adanya suatu gaya hidup baru yang diciptakan oleh generasi saat ini, menarik persaingan industri coffee shop kedalam suatu tingkat baru dimana yang terbaiklah yang dapat bertahan dalam persaingan. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti kualitas pelayanan dan harga yang tidak sesuai dengan keinginan, serta komplain yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxx Coffee Lippo Plaza Keboen Raya Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 86,0% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya 14,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (306,029) > Ftabel (3,09). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (6,723) dan harga menunjukkan hasil analisis thitung (5,202) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Maxx Coffee Lippo Plaza Keboen Raya Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Maxx Coffee Lippo Plaza Keboen Raya Bogor adalah harga.

Kata kunci: kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan

S1 Manajemen
158