PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN UMKM AYAM BAKAR SAMBAL PELAKOR

Siti Nurjanah
2431900243
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN UMKM AYAM BAKAR SAMBAL PELAKOR
Depok-GICI Business School-2022
Laporan Tugas Akhir (D III)

Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis dan usaha berkembang semakin pesat. Begitu banyak pembisnis pendatang baru sehingga menimbulkan persaingan baru menuntut pelaku usaha untuk mempunyai keunggulan yang kompetitif agar mampu bertahan dan bersaing dengan pesaing usaha yang lain. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas produk serta kualitas pelayanan. Konsep kualitas, efisiensi, produktivitas, pertumbuhan, dan keberlangsungan hidup merupakan tantangan besar bagi pertumbuhan semua badan usaha. Dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada pelanggan sangat berpengaruh besar terhadap penjualan dan pelayanan Salah satu UMKM yang masih bertahan hingga saat ini yaitu UMKM Ayam bakar sambal pelakor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan UMKM Ayam bakar sambal pelakor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 74% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh indikator Kehandalan,ketanggapan,keyakinan,empati dan wujud nyata, sedangkan sisanya 26% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan thitung (2,791) dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan UMKM Ayam bakar sambal pelakor.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.

D3 Manajemen Pemasaran
123