PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NA'AM BROWNIES KOTA BOGOR

Arya Adhie Utama
2411807143
2022
PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NA'AM BROWNIES KOTA BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Salah satu bisnis yang berkembang dan menjanjikan saat ini adalah bisnis pada industri makanan. Bisnis tersebut tidak melihat kalangan tertentu karena semua orang bisa menikmatinya. Banyak produsen yang menawarkan berbagai jenis makanan dimana jenis makanan yang ditawarkan mempunyai keunikan dan citra rasa tersendiri. Salah satu makanan yang dapat menjadi alternatif pilihan konsumen adalah brownies panggang. Brownies panggang merupakan makanan yang mulai akrab di kalangan masyarakat. Salah satu bisnis aneka brownies yang sudah memiliki tempat tersendiri di hati konsumen adalah Na’am Brownies. Na’am brownies yang bergerak di bidang aneka brownies panggang ini memberikan cita rasa yang berbeda dengan kualitas yang terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Na’am Brownies Kota Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk penelitian survey berupa pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pembeli Na’am Brownies di Kota Bogor, sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik insidental sampling. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 34,1% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel bebas seperti produk, harga dan lokasi sedangkan sisanya sebesar 65,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu dengan nilai Fhitung (18,072) > Ftabel (2,70). Hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel produk diperoleh t-hitung (2,838) dan variabel harga diperoleh thitung (4,317). Kedua variabel tersebut secara parsial berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05. Di sisi lain, variabel lokasi secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi > 0.05. Variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Na’am Brownies di Kota Bogor adalah harga yaitu sebesar 0,392.

Kata kunci: produk, harga, lokasi dan keputusan pembelian.

S1 Manajemen
89