Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Zhaz Interior & Furniture

Ichsan Yoga Oktaviansyah
2411807157
2022
Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Zhaz Interior & Furniture
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Furniture merupakan produk yang dibutuhkan semua orang, dan sudah jadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Akibatnya, prospek pasar furniture dalam negeri memiliki potensi dan peluang yang besar disebabkan semakin bertumbuhnya bisnis perumahan, perhotelan, restoran, termasuk bangunan-bangunan komersial lainnya. Zhaz Interior & Furniture adalah salah satu dari sekian banyak penyedia jasa furniture. Sejalan dengan prospek pasar furniture yang potensial, bisnis di bidang ini menjadi sangat kompetitif. Oleh sebab itu untuk bisa bersaing perusahaan harus memperhatikan harga, meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan. Untuk alasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Zhaz Interior & Furniture. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Zhaz Interior & Furniture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 43 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 54,00% faktor-faktor kepuasan pelanggan Zhaz Interior & Furniture dijelaskan oleh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 46,00% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Zhaz Interior & Furniture dengan hasil analisis adalah Fhitung = (17,412) > Ftabel = (2,85). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga analisis thitung (2,380), kualitas pelayanan (3,220) dimana ttabel (1,684) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Zhaz Interior & Furniture. sedangkan variabel kualitas produk menunjukkan hasil thitung (0,628) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Zhaz Interior & Furniture. Bisa dijelaskan bahwa variabel kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi Terhadap Kepuasan Pelanggan Zhaz Interior & Furniture.

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
81