ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA JASA PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus : PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Agen A.062 Bogor Raya)
ABSTRAK ASRIANI. NIM 2411806938. ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA JASA PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus : PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Agen A.062 Bogor Raya). Perkembangan jasa kurir atau pengiriman barang dan logistik di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan konsumen dalam hal pengiriman barang semakin tinggi. Salah satu faktor penyebabnya yaitu perkembangan e-commerce yang semakin pesat di Indonesia. Saat ini para pengusaha jasa kurir dan logistik semakin berlomba-lomba untuk menawarkan jasa kurirnya dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh perusahaannya. Kuatnya persaingan tersebut mengakibatkan terjadinya penurunan volume pengguna jasa pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Agen A.062 Bogor Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan yang selanjutnya menghasilkan alternatif strategi dan rekomendasi perioritas strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder dengan cara wawancara kepada informan penelitian sedangkan data sekunder dilakukan dengan cara studi kepustakaan, dokumentasi dan penelusuran data online dengan instansi terkait. Pengolahan data menggunakan analisis Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks (SWOT), Matriks Internal-External (IE), dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 14 faktor internal dengan 10 Kekuatan dan 4 kelemahan serta 11 faktor eksternal dengan 6 peluang dan 5 ancaman. Pada matriks IFE menghasilkan skor 2,93 dan matriks EFE 3,01. Berdasarkan hasil analisis terhadap matrik Internal-Eksternal (IE), disimpulkan bahwa JNE Agen A.062 Bogor Raya berada pada kuadran II, yang menggambarkan bahwa JNE Agen A.062 Bogor Raya berada pada posisi Build and Grow, posisi yang masih kuat, mampu tumbuh, dan bisa dikembangkan lebih lanjut. Berdasarkan Matriks QSP menghasilkan 8 alternatif strategi dengan prioritas strategi yaitu Memaksimalkan kualitas pelayanan dan produk layanan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan nilai (TAS=6,92).
Kata kunci: Kata Kunci : PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Strategi Bersaing, IFE, EFE, SWOT, IE, QSPM.
- COVER_ASRIANI_2411806938.pdf
- BAB I_ASRIANI_2411806938.pdf
- BAB II_ASRIANI_2411806938.pdf
- BAB III_ASRIANI_2411806938.docx.pdf
- BAB IV_ASRIANI_2411806938.pdf
- BAB V_ASRIANI_2411806938.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_ASRIANI_2411806938.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.