PENGARUH EKUITAS MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Devi Yuniarsih
2411806951
2022
PENGARUH EKUITAS MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Dunia usaha minuman kopi yang saat ini semakin berkembang pesat dan beragam, menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemilik usaha minuman kopi, seperti PT. Bumi Berkah Boga (Kopi Kenangan). Di tengah beragamnya eksistensi merek minuman kopi dengan berbagai bentuk penawaran harga dan promosi yang saling berkompetisi, banyak masyarakat yang akhirnya semakin kritis terhadap bagaimana kesesuaian antara penawaran yang diberikan oleh berbagai pelaku usaha minuman Kopi tersebut dengan kenyataan yang di dapatkan oleh masyarakat, masih banyak ditemui berbagai keluhan yang dapat dilihat melalui ulasan pelanggan di berbagai media yang mengeluhkan ketidaksesuaian antara promosi, penawaran harga dan lain sebagainya yang belum sesuai dengan harapan pelanggan. Karena hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Jumlah sampel yang di gunakan sebanyak 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 75,80% faktor-faktor Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor dijelaskan oleh ekuitas merek, harga, dan promosi sedangkan 24,20% lainnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari ekuitas merek, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor dengan hasil analisis nilai Fhitung = 104,144 > dari Ftabel = 2,700. Hasil Uji t menunjukkan variabel ekuitas merek hasil analisis thitung (3,541) dan promosi (6,568) > ttabel (1,983) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel harga menunjukkan hasil thitung (0,674) < ttabel (1,983) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor. Dapat dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor adalah Promosi.

Kata kunci: Ekuitas Merek, Harga, Promosi

S1 Manajemen
291