Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Chick N Tea Dramaga Bogor

Desi Rahmawati
2431900236
2022
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Chick N Tea Dramaga Bogor
Depok-GICI Business School-2022
Laporan Tugas Akhir (D III)

Perkembangan dunia bisnis sudah semakin sangat pesat dan dapat kita temukan dimana-mana. Dunia bisnis yang sangat mudah untuk kita temukan ada di bidang kuliner yang semakin meningkat. Banyaknya restoran fast food yang sudah berdiri baik di kabupaten maupun kota-kota besar yang ada di Indonesia. Tak kalah dengan Kota Bogor, saat ini Kabupaten Bogor merupakan daerah yang terkenal dengan usaha-usaha kuliner yang mampu berkembang pesat. Hal ini dikarenakan Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah tujuan wisata sehingga banyak wisatawan baik domestik maupun manca negara yang berkunjung ke Bogor. Kesempatan inilah yang diambil oleh para pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner untuk membuka usaha di bidang kuliner dengan berbagai cita rasa yang mereka inginkan. Salah satu restoran yang masih bertahan hingga saat ini yaitu Chick N Tea Dramaga Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Chick N Tea Dramaga Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 43,7% faktor-faktor loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh indikator Keandalan, jaminan, bukti langsung, empati dan daya tanggap, sedangkan sisanya 56,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan thitung (8,727) dimana ttabel (1,661) maka variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Chick N Tea Dramaga Bogor.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan. 

D3 Manajemen Pemasaran
77